Filosofi Jawa : Urip iku Urup

Urip Iku Urup (Hidup itu Nyala)

Dan bahkan di Al Quran disebutkan kita harus menyampaikan ayat walaupun hanya satu yang kita tahu. Dan setiap suruhan sholat selalu diiringi dengan suruhan zakat. Dan itu hukumnya wajib. Berbagai bentuk ajaran mengenai berbagi dan sodaqoh.

Berbagai banyak contoh contoh cerita para rasul dan sahabatnya mengenai berbagi dan menjadikan urip itu urup, ya, hendaknya hidup kita bermanfaat bagi orang lain.

Bagaimana caranya? bisa jadi mudah bisa jadi susah, tergantung pada kadar kepedulian dan kasih yang dalam diri kita. Tergantung pada kadar ego dan pandangan kitabakan makna dan fungsi akan derajat hidup. Apabila kita ingin selalu diatas, dengan dasar ego dan tanpa rasa peduli ataupun kasih, saya kira akan lebih sulit untuk menjadi urup. Karena bisa jadi kita malauh bertumpu pada pundak atau bahkan kepala orang lain. Menurut saya, untuk meng-urupkan urip, kita harus melihat keluar dan meninggikan derajat kebersmaan. Berprinsip bahwasanya kebahagiaan sejati adalah ketika kita bisa membaginya, bukan mereguknya sendiri bahkan mereguk kebahagiaan orang lain. Berbagi itu tidak harus banyak, dan tidak harus materi. Bahkan dsebutkan kalau senyum itu adalah ibadah. Bersikap menyenangkan bagi orang lain adalah berbagi. Jauh dari menyusahkan orang lain adalah berbagi. Apalagi kalau kita sampai bisa mengankat derajat hidup dan kebahagiaan orang lain disekitar kita, itu adalah luar biasa. Tapi urup itu menerangi, bukan menyilaukan.

Bayangkan, kalau 50% warga negara kita uripnya menjadi urup, bayangkan apabila setiap satu orang di indonesia ini bisa menjadi urup untuk satu orang lain yang hidupnya kesusahan… wow.. pasti hidup ini menjadi luar biasa.

Perihal Ambar Nugroho
Continuous Improvement Team in PT. Pindo Deli Perawang Mill (APP Group)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: