Sekilas tentang Total Productive Maintenance (TPM)

Total Productive Maintenance juga sering di singkat sebagai TPM. TPM merupakan aktivitas yang bertujuan untuk men-eliminasi equipment loss (breakdown, defects), meningkatkan efektifitas equipment/mesin secara terus menerus, serta menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan dan sehat bagi karyawan. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan profitnya secara berkesinambungan. TPM melibatkan semua pihak dalam suatu perusahaan, mulai dari top executives hingga ke karyawan di lapangan (operator mesin).

Kata maintenance dalam TPM bukan hanya mengacu pada proses maintenance mesin-mesin produksi. Melainkan segala aspek yang terlibat dalam proses produksi sampai ke karyawanya untuk mencapai effesiensi mesin setinggi-tingginya. Hal tersebut juga berarti bahwa proses maintenance tidak hanya dilakukukan oleh team maintenance saja, melainkan lebih ditekankan pada operator mesin. Dengan pertimbangan bahwa operator mesin memiliki pengetahuan yang sangat baik terhadap mesinya, karena setiap hari berinteraksi dengan mesin tersebut. Itulah sebabnya sebagian pihak juga mengartikan TPM sebagai Total Productive Management atau Total Perfect Management.

Secara formal, TPM dinaungi secara global oleh sebuah organisasi dari jepang JIPM (The Japan Institute of Plant Maintenance). Organisasi tersebut memberikan guideline dan konsultasi seputar implementasi TPM secara detail. JIPM juga memberikan penghargaan terhadap setiap perusahaan yang mengimplementasikan TPM, dengan catatan perusahaan tersebut mendaftarkan diri ke JIPM.

Aktivitas TPM terbagi ke dalam 8 pilar utama yaitu :

  1. Focussed Improvement
  2. Planned Maintenance
  3. Autonomous Maintenance
  4. Quality Maintenance
  5. Training & Education
  6. Office TPM
  7. Early Management
  8. Safety, Healty, Environment.

Masing-masing pilar memiliki fungsinya sendiri dalam proses pencapaian efesiensi mesin yang tinggi.

Perihal Ambar Nugroho
Continuous Improvement Team in PT. Pindo Deli Perawang Mill (APP Group)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: