5S – Sort (Seiri/Ringkas)

Meringkas atau “Sorting” adalah aktivitas memilah. Menyingkirkan item (material/equipment) yang tidak dipakai di area kerja. Area kerja harus bebas dari item yang tidak dibutuhkan dalam proses yang berjalan di area tersebut. Hal ini akan memberikan ruang lebih bagi operator dan juga menghilangkan kebingungan bagi operator dalam proses melakukan pekerjaanya. Benda-benda yang tidak diperlukan di area kerja sering kali menjadi distruction bagi operator dalam bekerja.

Untuk melakukan “Sorting” kita bisa menggunakan tools berupa “Red Tag”. Red Tag digunakan untuk mengidentifikasi benda-benda yang fungsinya dipertanyakan di area kerja. DI dalamnya berisi deskripsi mengenai item yang fungsinya dipertanyakan tersebut. Berikut adalah contoh Red Tag.

Red Tag

Konten dari red tag bisa disesuaikan dengan kebutuhan, point penting adalah terdapat informasi mengenai deskripsi benda dan jumlahnya, nama operator yang memberikan tag, nomor tag, dan tanggal pemberian tag. Review tag dapat diberikan di dalam tag maupun terpisah. Bisa juga ditambahkan kolom kategori dan alasan pemberian Red Tag. Format Red Tag dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Begitu juga proses aplikasinya, bisa ditempel maupun digantung di benda yang di beri Red Tag. Red tag digunakan oleh operator untuk mengidentifikasi item-item yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan di area kerjanya, dan leader/supervisor yang akan melakukan review.

Red Tag Area

Red tag area adalah area yang digunakan untuk menyimpan benda-benda yang sudah diberikan red tag oleh operator. Disinilah nantinya leader/supervisor akan mereview item-item yang sudah di red tag dan menentukan follow up terhadap item tersebut. Idealnya disediakan dua type red tag area, pertama adalah lokal red tag area dan central red tag area. Local red tag area adalah penyimpanan sementara dari item-item yang sudah di red tag oleh operator, sedangkan central red tag area adalah untuk menyimpan item yang sudah direview oleh supervisor/leader.

Red Tag Log Book

Untuk merecord aktivitas pemberian dan review red tag, diperlukan Red Tag Log Book. Setiap kali operator melakukan red tag harus menulis di log book, begitu juga apabila leader/supervisor telah melakukan review. Log book dan Red Tag form ditaruh di satu tempat, sehingga memudahkan karyawan dalam implementasi system red tagging. Konten kolom log book disesuaikan dengan konten yang ada di red tag.

Perihal Ambar Nugroho
Continuous Improvement Team in PT. Pindo Deli Perawang Mill (APP Group)

One Response to 5S – Sort (Seiri/Ringkas)

  1. Ping-balik: 5S Methodology | Ambar Nugroho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: