5S Methodology

5S methodology merupakan metode untuk mengatur tempat kerja agar efektif dan effisien ditinjau dari aspek pekerja dan proses produksi. Metode 5S berasal dari Jepang dan sudah diimplementasikan di banyak perusahaan di dunia. Dalam implementasinya, 5S sering diterjemahkan dan disesuaikan dengan bahasa dimana 5S diimplementasikan. Silahkan merujuk pada beberapa istilah 5S dan adaptasinya di bawah ini :

5SWalaupun di terjemahkan secara berbeda, prinsip dasar dari 5S methodology adalah sama. 3S Pertama, Seiri, Seiton, dan Seiso adalah proses perbaikan dari kondisi yang ada, kemudian di ikuti dengan 2 S terakhir sebagai pengunci (mempertahankan) agar tidak terjadi kemunduran dalam proses perbaikan yang sudah dilanjutkan.

5S

5S

Kadang dijumpai urutan 5S/5K/5R yang tidak seperti di atas, dan muncul pertanyaan, “bolehkan urutan tersebut dirubah-rubah?”. Urutan dari S pertama sampai S terakhir merupaksan alur proses, yang tidak bisa di bolak balik. Akan sulit untuk melakukan “Shine” (Kebersihan/Resik) apabila kondisi lingkungan kerja masih belum “Sort (Keringkasan)” dan “Set (Kerapian)”?. Bagaimana kita melakukan “Set (Kerapian)” apabila kondisi masih belum “Sort (Keringkasan)”?. Urutan aktivitas tersebut merupakan konsep/metode, bukan slogan, jadi tidak bisa dirubah-rubah. Sering kali 5S hanya dijadikan sebagai slogan atau jargon untuk keperluan customer atau sertifikasi audit. Itu adalah kesalahan fatal, karena 5S/5K/5R merupakan sebuah metode untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman.

Kenapa hanya 5S, kenapa tidak ada Safety?

Safety (Keselamatan) adalah output dari hasil pelaksanaan 5S tadi, apabila semua 5S bisa terimplementasi dengan baik maka keselamatan akan tercipta dengan sendirinya.

Lebih detail dengan 5S: Sort, Set, Shine, Standardize, Shine

Perihal Ambar Nugroho
Continuous Improvement Team in PT. Pindo Deli Perawang Mill (APP Group)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: