Ketika Diploma Kalah dengan Sarjana Sebelum Bertarung

Tidak semua orang beruntung untuk mengenyam pendidikan sarjana. Karena untuk mengenyam pendidikan tersebut memakan cukup banyak biaya, energi dan waktu. Sebagai alternatifnya anda dapat memilih Diploma sebagai langkah awal melanjutkan pendidikan apapun itu alasanya (mendapat gelar maupun ilmu). Yang perlu diingat nanti adalah ketika anda selesai mengenyam pendidikan Diploma dan ingin bekerja. Karena saingan terberat anda untuk mendapatkan pekerjaan kadang bukan dari sesama Diploma, melainkan dari level Sarjana. Terutama kalau anda sudah memiliki pengalaman pekerjaan atau anda punya potensi yang mungkin sebenarnya lebih baik daripada Sarjana.

Pernahkah anda mendapati lowongan pekerjaan yang men-syaratkan kompetensi yang sesuai dengan kompetensi yang anda miliki tapi tidak anda apply karena mensyaratkan minimum pendidikan adalah Sarjana?

Saya sangat sering, dengan pengalaman kerja lebih dari 5 tahun (sampai tulisan ini di release) saya sering kalah di seleksi administratif. 2 tahun berpengalaman di bidang IT ditambah 3 tahun lebih sebagai management staff yang berkecimpung di dunia management system, continuous improvement, performance gap analysis saya masih sering gagal di seleksi administratif kalau saya ingin “upgrade” karir saya di perusahaan lain yang lebih baik. Untungnya pimpinan perusahaan yang sekarang saya tempati cukup “melihat” kemampuan saya sehingga saya bisa mendapatkan gaji yang cukup.

Kompetensi seseorang menurut saya tidak melulu tergantung pada pendidikan yang dikenyam. Dunia akademis kadang tidak lebih sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan. Tetapi setelah itu, kemampuan untuk memahami dan merangkum pengalamanlah yang berperan penting. Hal tersebut yang akan membawa kedewasaan anda berpikir dan mengambil keputusan sebagai seorang profesional. Ada cerita di kota Palembang, seorang yang hanya lulus SD mampu memiliki rumah mewah di tengah kota karena bisnis jual beli kayunya sukses. Dia bukan Sarjana, tapi dia mampu menjadi pengusaha sukses. Mungkin para skeptis akan bilang dia beruntung, saya yakin tidak. Pasti dia mampu belajar dari pengalaman yang diperolehnya untuk kemudian mengembangkan bisnisnya.

Jadi, menurut saya bagi anda para agen pencari pekerja, ketika melakukan rekrutment, berikan kesempatan para pencari kerja yang berpendidikan D3 untuk menempati posisi-posisi managerial. Belum tentu mereka tidak mampu untuk melakukan itu, anda hanya perlu challenge mereka untuk menunjukkan kompetensinya. Jangan singkirkan lamaran mereka sebelum anda melihat kompetensinya.

Perihal Ambar Nugroho
Continuous Improvement Team in PT. Pindo Deli Perawang Mill (APP Group)

Tinggalkan Balasan

