Kesejahteraan Karyawan, Tanggung Jawab Siapa?

Pernahkah anda menjumpai kawan atau kerabat yang mengeluhkan gajinya dan mengumpat perusahaan tempatnya bekerja tapi dia masih bekerja di perusahaan tersebut? Atau mungkin anda yang seperti itu? Kalau iya, ini waktunya anda introspeksi diri dan membuka pikiran lebih luas. Besaran nilai gaji karyawan adalah tanggung jawab perusahaan, namun kesejahteraan karyawan adalah tanggung jawab kita sebagai individu. Perusahaan hanya dapat membantu anda memperoleh kesejahteraan anda.

Sering sekali saya menjumpai karyawan yang mengeluhkan gaji kecil mereka. Menyalahkan perusahaan akan minimnya kesejahteraan mereka. Kesejahteraan kita adalah mutlak tanggung jawab kita, dan kesejahteraan itu terwujud bukan karena gaji besar saja. Pernah saya menjumpai karyawan perusahaan produsen mobil terkemuka Indonesia yang hidupnya malah bergelimang hutang. Padahal gajinya jauh lebih tinggi dari UMP dan UMK di kita tersebut. Hal itu terjadi karena dia tidak menata keuanganya dengan baik, jadi hidupnya tetap susah karena harus stress memikirkab utangnya.
Sebagai karyawan/buruh yang berpendapatan tetap, kita harus bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan kita yang terbatas. Jangan hanya menyalahkan gaji yang kecil, sehingga akan memperburuk produktivitas kita sendiri. Karyawan yang menjelek jelekkan peruaahaan tempatnya bekerja karena membayar gaji dibawah yang diinginkanya adalah orang yang munafik. Bagaimanapun, perusahaan akan memikirkan gaji karyawanya proporsional atau tidak, dan bila ada perusahaan yang tidak membayar gaji secara proporsional atau bahkan dibawah standar pemerintah, maka anda tidak perlu bertahan di perusahaan tersebut. Segeralah hengkang dari sana. Mungkin kemudian anda akan mengeluh lagi “perusahaan lain tidak menerima saya, karena saya tidak kompeten”. Pada kasus seperti ini yang perlu anda pikirkan adalah bagaimana anda bersyukur akan kemampuan atau kompetensi anda dan apa yang anda dapatkan sesuai dengan kompetensi anda. Bijaksanalah, dan pahami kemampuan anda. Jangan bertahan di perusahaan yang membayar gaji dibawah kompetensi anda.

Perihal Ambar Nugroho
Continuous Improvement Team in PT. Pindo Deli Perawang Mill (APP Group)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: