Analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats)

Analisis Strengths (Kekuatan-Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan-Kelemahan), Opportunities (Kesempatan-kesempatan), Threats (Ancaman-ancaman) dapat anda lakukan dalam untuk meningkatkan performa proses bisnis anda. Proses analisis ini akan mendefinisikan atau mengelompokkan jenis-jenis kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang ada di dalam proses bisnis anda. System analisis SWOT cukup sederhana dilakukan sebagai landasan dalam penentuan aktifitas continuous improvement dalam proses bisnis.

Pertama-tama anda dapat melakukan analisa strength (kekuatan-kekuatan) dan weaknesses dalam organisasi (aspek internal). Peninjauan kedua aspek tersebut dapat dilakukan kaitanya dengan leadership dan management organisasi, proses yang berjalan, sumber daya manusia, karakteristik output (Produk), kemampuan terhadap pemenuhan kualitas dan lain sebagainya.

Strengths (Kekuatan-Kekuatan)

Contoh kekuatan-kekuatan dalam suatu proses bisnis dan proses industri.

  • Management memiliki komitmen yang kuat untuk mengimplementasikan sistem manajemen bisnis kelas dunia.
  • Visi dan Misi perusahaan didefinisikan dalam strategik organisasi yang jelas, terukur dan terarah.
  • Komunikasi manajemen dan karyawan berjalan dengan baik, karyawan di segala elemen memiliki kesempatan yang sama dalam memberikan gagasan perbaikan terhadap proses yang berjalan.
  • Memiliki mesin produksi dengan teknologi mutakhir, dan manajemen berkomitment untuk upgrade terhadap teknologi baru yang memberikan nilai tambah.
  • Dan lain sebagainya.

Weaknesses (Kelemahan-Kelemahan)

Pada prinsipnya analisa kelemahan-kelemahan merupakan keterbalikan dari kekuatan-kekuatan. Misalkan :

  • Management hanya mengimplementasikan sistem manajemen bisnis yang konvensional, komitmen yang lemah untuk mengimplementasikan sistem manajemen kelas dunia.
  • Visi dan Misi perusahaan hanya dijadikan jargon, tanpa ada definisi dan arahan strategik yang jelas.
  • Komunikasi antara manajemen dan karyawan berjalan satu arah. Karyawan cenderung pasif dalam memberikan gagasan untuk peningkatan performa perusahaan.
  • Mesin produksi sudah ketinggalan jaman, dan manajemen tidak memiliki komitmen kuat untuk upgrade ke teknologi yang lebih baru.
  • Dan sebagainya.

Apabila kekuatan dan kelemahan ditinjau pada aspek internal, maka untuk anilsa kesempatan dan ancaman akan kita tinjau dari aspek external.

Opportunities (Kesempatan-Kesempatan)

Beberapa contoh analisis kesempatan ditinjau dari faktor external.

  • Tidak memiliki terlalu banyak pesaing yang memproduksi produk yang sama.
  • Produk yang ditawarkan dapat diterima dengan baik oleh pasar dan meraih pangsa pasar yang cukup tinggi.
  • Pangsa pasar sangat luas dan belum tersentuh oleh kompetitor.
  • Persediaan bahan baku selalu ada dan bisa didapatkan dengan harga murah.
  • Masyarakat menilai positif dalam menilai dampak lingkungan yang diakibatkan oleh proses produksi.
  • Dan lain sebagainya.

Threats (Ancaman-Ancaman)

Beberapa contoh analisis kesempatan ditinjau dari faktor external.

  • Banyak pesaing yang memproduksi produk yang sama, dan memiliki potensi kualitas produk yang lebih baik.
  • Produk yang ditawarkan kurang diterima oleh pasar, sehingga sulit untuk membangun pangsa pasar.
  • Persediaan bahan baku terbatas dan harganya mahal.
  • Proses produksi menghasilkan dampak yang tidak diterima dengan baik oleh masyarakat sekitar.
  • Dan lain sebagainya.

Berdasarkan data kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang ada. Anda dapat melakukan pendekatan strategi sebagai berikut :

Strengths – Opportunities : Menggunaan kekuatan-kekuatan yang ada untuk menciptakan kesempatan-kesempatan.

Strengths – Threats : Menggunakan kekuatan-kekuatan untuk menghindari dan mengeliminir ancaman-ancaman yang ada.

Weaknesses – Opportunities : Menghilangkan kelemahan-kelemahan yang ada untuk menciptakan kesempatan-kesempatan.

Weaknesses – Threats : Menghilangkan kelemahan-kelemahan agar menghindari ancaman-ancaman.

Perihal Ambar Nugroho
Continuous Improvement Team in PT. Pindo Deli Perawang Mill (APP Group)

One Response to Analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats)

  1. Ambar Nugroho mengatakan:

    Reblogged this on Ambar Nugroho.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: