Apa itu Kamera Prosumer

Seiring berkembangnya teknologi digital, berkembang pula teknologi kamera. Semakin banyak pilihan kamera yang diproduksi vendor-vendor kamera terkemuka. Demikian pula dengan jenis kamera, berkembang menjadi banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan dan kantong anda.

Salah satu kamera yang sekarang sedang banyak diminati adalah kamera prosumer. Kata prosumer merupakan singkatan dari “Pro” dan “Consumer”. Kamera ini merupakan “jembatan” antara teknologi kamera Consumer (camera pocket) dengan camera “Pro”. Dengan bentuk yang pada umumnya compact selayaknya kamera pocket, anda dapat merasakan sensasi memotret selayaknya pengguna kamera pro (DLSR). Kamera jenis ini memiliki bentukan fisik yang ergonomis dan mencerminkan kamera DSLR serta memiliki fitur yang hampir sama. Bedanya, beberapa kamera prosumer memiliki mode fokus yang dioperasikan secara manual, lainnya bahkan memiliki ring fokus yang terpisah untuk mendapatkan pengoperasian yang lebih optimal.

Kamera prosumer juga memiliki viewfinder selayaknya kamera DLSR. Bedanya, viewfinder pada kamera prosumer merupakan sebual LCD kecil. Beda dengan kamera DLSR yang menggunakan sistem pemantulan dengan cermin dan pentaprism. Dengan demikian, walaupun memotret dengan menggunakan viewfinder pada kamera prosumer, anda sebenarnya melihat objek foto pada tamplilan LCD yang lebih kecil hingga gambar yang terlihat lebih mendekat aktual objek yang akan dipotret. Hal ini tentunya berbeda bila anda menggunakan kamera DLSR, karena dengan viewfinder-nya, anda dapat melihat aktual objek yang terlihat.

Sensor kamera prosumer juga tidak sebaik kamera DLSR. semakin baik sebuah sensor kamera, maka semakin baik dalam penerimaan cahaya, yang tentunya akan semakin baik pula hasil jepretan kameranya. Selain itu, kamera prosumer juga tidak memungkinkan anda untuk mengganti lensa (CMIW), jadi pilihan lensa yang anda gunakanpun akan sangat terbatas pada lensa bawaan.

Kamera sangat cocok bagi anda yang ingin belajar photography tapi memiliki dana terbatas. Dengan kamera prosumer yang memiliki range harga mulai dari 1 jutaan, anda sudah dapat merasakan sensasi memotret selayaknya menggunakan kamera pro. pada umumnya para traveller akan lebih menyukai kamera prosumer, sedangkan fotografer pastinya akan lebih memilih kamera DLSR. Namun apapun jenis kameranya, kemampuan fotografer memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap hasil jepretan kamera.
lazada.co.id

Perihal Ambar Nugroho
Continuous Improvement Team in PT. Pindo Deli Perawang Mill (APP Group)

One Response to Apa itu Kamera Prosumer

  1. Ping-balik: Kamera Prosumer Murah tapi tidak Murahan : Fuji film FinePix S2980 | Sonoftito's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: