Berkenalan dengan GIMP di Windows

Dulu, sebelum saya bekerja jadi buruh kayak sekarang, saya membuka usaha kecil-kecilaan di bidang desain grafis. Bikin pin, undangan, desain kaos, sampe banner pernah saya desain. Belum expert siy, tapi lumayan dah bisa menghasilkan duit buat beli rokok n hidup di kota seribu angkot, Bogor. waktu itu senjata andalan saya adalah Photoshop dan Corel Draw 12 yang dua-duanya bajakan n dijalanin di windows XP yang bajakan juga. Setelah usaha saya colepse, saya dapet kerjaan di Bintan sebagai teknisi IT. Di Bintan inilah saya mulai berkenalan dengan dunia opensource.

Bermula dari project saving cost perusahaan tempat saya bekerja, saya di beri tugas untuk study open source OS Ubuntu. Demi kelancaran tugas, maka kompy sayapun saya install dengan ubuntu. Setelah agak lama memakai Ubuntu, saya kesulitan menyalurkan hobi-hobi saya, terutama game dan desain grafis. Untuk game saya masih bisa sedikit terima, tapi untuk desain grafis, saya agak susah untuk diam. Akhirnya saya mencari informasi tentang aplikasi yang mirip dengan photoshop dan corel draw yang dulu saya pakai waktu masih memakai windows.

Akhirnya saya bertemu dengan GIMP, sebuah aplikasi open source yang fungsi, tampilan, dan tingkah lakunya sama persis dengan Photoshop. Ada beda dikit siy, tapi paling tata letak windowing-nya saja. Saya agak lama memakai gimp di Ubuntu, sampe pada akhirnya saya kembali ke Windows. Setelah saya kembali ke Windows, saya merasa kehilangan GIMP, dan sudah malas pake photoshop. Selidik-punya selidik, ternyata GIMP bisa juga running di Windows, saya pun langsung download installernya di sini gratis, Saya pun dapat bermain-main kembali dengan GIMP.
Bagi yang sudah terbiasa dengan photoshop, mungkin akan merasa kesusahan mencari tool-tool yang bisa dipake. Dan menurut saya, bagi anda yang ingin belajar desain grafis, mulailah dengan GIMP. Berikut adalah tampilan awal GIMP windows version di kompy saya.

Sesuai dengan namanya, menu bar berisi menu-menu fasilitas editing dan manipulasi gambar yang dimiliki oleh GIMP. Pengaturan warna, transformasi image, selection option, image effect, semuanya ada di sana dan dikelompokan sesuai dengan fungsinya. Sebagian menu bisa diakses melalui klick kanan menu pada object yang ada di kanvas. Tools box berisi tools yang disediakan oleh GIMP. Bisa di lihat di sana hampir semua tools yang dimiliki oleh photoshop disediakan oleh GIMP. Alternative menu box maksudnya, di box ini anda bis atur, menu apa saja yang dsajikan. Defaultnya yang muncul ketika pertama kali anda membuka gimp adalah menu Layers, Channels, Paths, Undo, dan Brushes properties. Sepertinya di windows menu ini sudah jadi satu paket, jadi akan selalu muncul bersamaan di dalam satu box. Untuk menghilangkan atau menampilkan box ini anda bisa lihat di menu bar Windows.

Untuk berkenalan sepertinya cukup itu dulu, istilahnya lihat mukanya dulu, semoga bermanfaat untuk anda. Monggo… saran dan kritiknya ditunggu sekali.

Perihal Ambar Nugroho
Continuous Improvement Team in PT. Pindo Deli Perawang Mill (APP Group)

Tinggalkan Balasan

